Wednesday, June 04, 2008

Fadel Muhammad as an Agropreneur


Kemaren saya mengikuti Penanaman jagung hibrida di karawang bersama Ketua Dewan Jagung Nasional Bp. Fadel Muhammad dan bupati Karawang Dadang S Muchtar.
Saya berangkat nersama teman yang menjadi pengurus di Dewan Jagung Nasional yang juga merangkap anggota Dekopin.

Fadel Muhammad sosok Fenomenal yang menjadi Gubernur Gorontalo untuk kedua kalinya dengan kemenangan 80% suara, juga sukses membangun Provinsi Gorontalo menjadi Agropolitan yang mengandalkan Jagung sebagai komoditi unggulannya selain beras.
Sukses Fadel Membangun Gorontalo tak lepas dari jiwa Entrepreneurship yang diterapkan di Government dari mulai meningkatkan pendapatan pegawai negeri sipil sampai pendapatan petani melalui agribisnis.

Market atau pasar yang pertama kali dicari baru kemudian produksi atau tanam, di Gorontalo petani mendapat ketersediaan pasar melalui kantor gubernur, tidak ada lagi yang namanya tengkulak, harga diumumkan disetiap sudut kota melalui spanduk semua harga sama, dananya dari mana? dari APBD yang dijaminkan oleh asuransi.

Anak-anak muda pengangguran di bina untuk mngelola alat-alat pertanian, seperti traktor, petani tidak dipusingkan dengan alat-alat pertanian.
Inovasi melalui pertanian disayembarakan,diumumkan pemenangnya tiap tahun.

Itulah isi pidatonya yang melegakan para petani di Karawang kemarin.

setelah selesai acara saya dan teman-teman bersilaturahmi di kantornya Wisma Anugerah di jl. Raya pasar Minggu pancoran Jakarta Selatan. Kami silaturahmi, diskusi dan ujung-ujungnya peluang bisnis! Inilah yang kami tunggu-tunggu.(sayang saya tidak membawa kamera)


Kita tunggu saja berita selanjutnya...
Apakah ketika sukses membangun sebuah daerah diujung timur Indonesia (Gorontalo)bisa diterapkan dalam skala Nasional?

1 comment:

Adzan W. Jatmiko said...

mantap ya emang pak fadel itu...
klo konsisten bela ekonomi rakyat, saya dukung jadi presiden deh..