Saturday, July 13, 2013

Wirausaha atau Entrepreneur?


Entrepreneur menurut Oxford dictionary adalah: a person who sets up a business or businesses, taking on financial risks in the hope of profit. Berarti Seseorang yang membangun sebuah bisnis atau beberapa bisnis yang mengharapkan profit. Entrepreneur hubungannya sama Enterprise kali ya… Lah kalo Entrepreneurship itu berarti sifat-sifat yang berhubungan dengan membangun bisnis untuk mendapat profit. maafin kalo salah ya maklum orang betawi pinggiran yang tidak pernah kursus bahasa enggris. he he he..

Kalo Wirausaha itu berarti berasal dari dua suku kata Wira dan Usaha. Kalo Wira berarti : pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa:
1. Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.
2. Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Jadi wirausaha itu mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan. jadi mending pake kata “Wirausaha aja deh di banding “Entrepreneur” atau Kewirausahaan dibanding “Entrepreneurship” kan kita orang Indonesia jadi harus bangga dong pake bahasa sendiri.

Oh ya memang saya pelaku, pengamat, pemerhati kewirausahaan yang di mulai sejak tahun 2000an lalu ketika terlibat untuk program acara TV bertajuk “Solusi Rhenald Kasali” bersama Rhenald Kasali dan Feny Rose. Saya terlibat hampir keseluruhan episode hampir 70 episode dan tayang di Anteve pada waktu itu. nanti sy upload ya episode-episodenya. Kriteria yang kita tampilkan adalah ‘Seorang wirausaha yang membangun bisnis dari nol dan tidak terlibat dengan politik atau bersinggungan dengan kekuasaan pada zaman orde baru”.

Keterlibatan saya di dalam team tersebut dan interaksi saya dengan pak Rhenlad Kasali membuat saya memeutuskan untuk tidak akan bekerja lagi dengan orang lain (jadi karyawan), mulai membangun bisnis sendiri, merajut mimpi, punya pasif income, membantu orang sekitar sampai bermanfaat untuk orang lain. Walaupun itu belum terwujud hingga kinim, malah banyak hutang , malah banyak jenis usaha yang di bangun lewat, malah hampir cerai sama istri karena pinjem duit pake gesek tunai kartu kreditnya untuk modal usaha.

Wah ternyata gak gampang ya jadi wirausaha itu, tapi saya akan terus mencoba, terus bergerak mewujudkan mimpi-mimpi agar jadi seorang wirausaha yang seperti kamus besar bahasa indonesia diatas….semoga menginspirasi tema-teman semua

1 comment:

I Wayan Budiana said...

Berangkat Bersama Menuju Kesuksesan yang bisa diraih dengan iman yang kuat Kisah Sukses Izin Mampir ya gan