Wednesday, December 17, 2008

Tukang Ojek


Menunggu di Pinggir tol jati bening dari jam 21.00-23.00 lebih membuat dunia teras bergerak lambat. Saya janjian antar barang pesanan teman yang mau di bawa ke Bandung, dari pada kerumahnya lebih baik langsung janjian dipinggir tol biar sekalian berangkat, eh malah dia ke kuningan ( Jl. HR Rasuna said) dulu jadi lama deh...

Tapi banyak sekali pelajaran kehidupan yang saya dapat, dari menunggu yang menjemukan tadi. Banyak sekali tukang ojek yang mangkal dipinggir tol jatibening mereka saling bererbut penumpang sampai-sampai ada kordinatornya sendiri yang mengatur dari FBR (Forum betawi rembug), selama hampir dua jam lebih saya menuggu saya sempat ngobrol dengan beberapa tukang ojek. Pendapatan mereka perhari paling 30-50rb belum dipotong bensin dan beli rokok serta uang timer sebesar Rp 3000 sekali masuk perhari, Kalo tidak jadi anggota ojek disitu, ada yang ngojek di situ bakalan ditegur dan diusir.

Kebanyakan memang orang betawi sekitar jati bening yang ngojek, mereka untuk mendapatkan motor pun awalnya jual tanah, sekarang lebih enak banyak kredit motor yang lebih mudah untuk mendapatkan motor. Mungkin juga ini penyebab banyaknya tukang ojek. Jadi awalnya jual tanah buat beli motor, motornya sudah tua tukar tambah sama yang baru, nyicil lagi dari hasil ngojek.

Tapi ada yang hebat loh beberapa hari yang lalu, saya dapat sepiring nasi kuning lengkap dengan ayam gorengnya, ternyata adalah sepiring nasi selametan karena yang punya hajat sudah lunas cicilan motornya. Semua tetangga dapat Sepiring nasi kuning tersebut. Memang yang lunas cicilan motornya adalah pengojek.

Wah kalo yang lunas cicilan mobil kasiin apa ya ketetangga?

Foto by jakartaenjoy.files.wordpress.com/2008/03/ojek.jpg

1 comment:

lin said...
This comment has been removed by a blog administrator.